Waspada, Ini Dampak Kekurangan Vitamin B Kompleks Pada Tubuh

Waspada, Ini Dampak Kekurangan Vitamin B Kompleks Pada Tubuh

Vitamin B kompleks merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gabungan delapan jenis vitamin B yang terdiri dari:

  1. Vitamin B1 (Tiamin)
  2. Vitamin B2 (Riboflavin)
  3. Vitamin B3 (Niasin)
  4. Vitamin B5 (Asam pantotenat)
  5. Vitamin B6 (Piridoksin)
  6. Vitamin B7 (Biotin)
  7. Vitamin B9 (Asam folat)
  8. Vitamin B12 (Kobalamin)

Sebagian besar dari vitamin B di atas memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah kerusakan saraf dan membantu proses metabolisme tubuh dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Ketika tubuh kekurangan salah satu atau kombinasi dari berbagai vitamin di atas, pastilah akan memberikan dampak negatif. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Mudah lelah

Salah satu fungsi penting vitamin B adalah mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Ketika kebutuhan vitamin ini tidak terpenuhi, maka proses tersebut tidak akan berjalan lancar. Akibatnya Anda akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitas keseharian dan merasa mudah lelah.

  • Kesemutan

Setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan dan pada kondisi normal, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun ketika tubuh Anda kekurangan vitamin B kompleks, Anda akan berisiko mengalami kesemutan akibat kerusakan saraf tepi. Vitamin B kompleks yang berfungsi untuk mencegah masalah ini khususnya gabungan vitamin B1, B6, dan B12. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka kerusakan saraf akan semakin parah dan bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang lebih serius.

  • Pucat dan anemia

Vitamin B kompleks sangat mempengaruhi produksi sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan vitamin B9 dan B12, maka produksi sel darah merah akan terganggu. Tidak hanya itu, sel darah merah yang diproduksi juga bisa tidak sehat. Akibatnya tubuh akan mengalami anemia dan terlihat pucat.

  • Terkena penyakit kardiovaskular

Kombinasi vitamin B6, B9, dan B12 akan dapat membantu penurunan level homosistein dalam tubuh. Homosistein sendiri merupakan salah satu asam amino dalam tubuh yang berisiko menyebabkan terjadinya sumbatan pembuluh darah ketika jumlahnya berlebihan. Sehingga kemungkinan Anda terkena penyakit kardiovaslkular akan semakin tinggi.

Sebenarnya setiap jenis vitamin B memiliki fungsinya masing-masing. Namun beberapa fungsi ini tidak dapat berjalan maksimal ketika ada vitamin B lain yang kebutuhannya tidak terpenuhi. Itulah alasannya, memenuhi kebutuhan seluruh vitamin B (vitamin B kompleks) harus sangat diperhatikan.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin B secara bergantian, sehingga Anda akan mendapat asupan nutrisi secara seimbang. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin seperti FATIGON PUTIH. FATIGON PUTIH merupakan vitamin untuk kram kesemutan yang mengandung vitamin B kompleks khususnya vitamin B1, B6, dan B12. Konsumsi FATIGON PUTIH secara rutin 1 kaplet setiap malam dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin tersebut.