Bangga, Ini Kisah Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games!

Bangga, Ini Kisah Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games!

Asian Games ke-18 ini tentu menjadi salah satu ajang bergengsi yang tak akan terlupakan oleh bangsa Indonesia. Berkesempatan menjadi tuan rumah, Indonesia tak segan-segan untuk mengerahkan tenaganya untuk menyukseskan Asian Games di tahun 2018 ini. Penyelenggaraan Asian Games di Indonesia ini bukanlah yang pertama kali. Pada tahun 1962 silam, Indonesia juga menjadi tuan rumah. Karena itu, ada baiknya kita menengok sedikit ke belakang dan melihat sejarah bangsa Indonesia dalam menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi se-Asia ini.

Di tahun 2018 ini, Indonesia memang banyak melakukan renovasi dan pembangunan infrastruktur. Namun, jika dibandingkan dengan tahun 1962 dahulu, Indonesia perlu memulai pembangunan dari awal untuk mempersiapkan Asian Games. Proyek-proyek yang telah dijalankan oleh Soekarno bahkan berhasil membuat utusan Jepang kagum. Bagaimana tidak, Soekarno dan kabinetnya serta panitia penyelenggara Asian Games pada masa itu mampu menyelesaikan proyek tersebut hanya dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun. Bangganya, pada waktu itu, Indonesia berhasil mendapatkan gelar juara ke-2 setelah Jepang dengan perolehan akhir 21 medali emas, 26 medali perak, dan 30 perunggu.

Tak berhenti sampai di situ, di tahun 2018 Indonesia kembali menjadi tuan rumah dengan performa yang tak kalah memukau. Terbukti dari seremoni pembukaan pada 18 Agustus 2018 lalu yang sangat spektakuler. Panggung megah di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari itu menjadi saksi bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan sebuah ajang berskala Internasional. Bahkan Asian Games ke-18 ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah yang diadakan pada dua kota, yakni Jakarta dan Palembang. Jumlah negara peserta dibandingkan dengan tahun 1962 pun jauh berbeda. Jika pada tahun 1962 ada 17 negara, di tahun 2018 ini Indonesia telah mempersiapkan fasilitas untuk 45 negara dan sekitar 15.000 atlet yang bertanding pada Asian Games.

Pada Asian Games ke-18 ini, Indonesia sendiri berhasil melampaui target yang ditetapkan. Dari target meraih 20 hingga 22 medali emas, ternyata Indonesia mampu mendapat perolehan sebanyak 30 medali emas dan tercatat sebagai peringkat ke-4 di Asian Games 2018. Tentunya prestasi ini tidak dapat terwujud tanpa persiapan yang maksimal, baik secara mental maupun secara fisik.

Bisa dilihat dalam Asian Games, baik tahun 1962 ataupun tahun 2018, terlihat semangat dan jiwa gotong royong bangsa Indonesia. Keberhasilan pesta olahraga Asia ini dapat terwujud salah satunya karena dukungan masyarakat Indonesia yang begitu luar biasa.

Namun, dengan berakhirnya Asian Games bukan berarti semangat masyarakat Indonesia berhenti di sini saja. Setelah ajang Asian Games ini, diharapkan masyarakat Indonesia pun bisa membangkitkan #SemangatUntukMaju dengan sportifitas tinggi dalam hal apa pun, bukan hanya dalam olahraga tapi juga termasuk dalam dunia kerja agar turut menghasilkan prestasi yang membanggakan. Agar bisa tetap semangat, selalu jaga keseimbangan nutrisi tubuh, olahraga teratur, istirahat dengan cukup, dan jika perlu, konsumsi juga multivitamin untuk stamina seperti FATIGON SPIRIT setiap hari.