5 Cara Cepat Menaikkan Massa Otot

Menaikkan massa otot dengan cepat dan instan hanya bisa dilakukan dengan cara-cara berbahaya.  Anda harus merusak otot-otot dalam tubuh untuk kemudian diperbaiki dalam proses pembangunan otot.

Cara cepat menaikkan massa otot yang benar dan sesuai anjuran dokter membutuhkan proses setidaknya beberapa minggu. Meskipun tidak instan, cara tersebut tentu lebih aman bagi kesehatan Anda dan dapat membuat otot yang terbentuk menjadi lebih berkualitas.

Berikut 5 cara cepat menaikkan massa otot yang aman:

  1. Komitmen

    Langkah pertama ini adalah kunci kesuksesan Anda untuk menaikkan massa otot dengan cepat. Berikut yang harus Anda lakukan:

    • Pilih latihan sesuai kebutuhan,
    • Buat perencanaan latihan, dan
    • Lakukan dengan komitmen tinggi.

    Hindari latihan terlalu keras dengan harapan massa otot akan naik lebih cepat. Hal tersebut justru akan mencederai otot Anda.

  2. Variasi Latihan untuk Mencegah Cedera

    Berikan latihan alternatif untuk otot Anda. Buat jadwal variasi latihan agar otot terhindar dari keadaan overtraining. Salah satu contoh variasi latihan untuk menaikkan massa otot dari American College of Sports Medicine adalah:

    • Hari pertama: Latih bagian dada, triceps dan bahu
    • Hari kedua: Pusatkan latihan pada tubuh bagian bawah
    • Hari ketiga: Fokus latihan pada punggung, biceps dan otot perut

    Jika timbul nyeri, istirahatkan dahulu tubuh Anda satu sampai dua hari untuk memulihkan kembali kondisi otot.

  3. Minum Air

    Air sangat penting untuk tubuh. Dietary Guidelines for Americans menyarankan untuk meminum 8 sampai 10 gelas per hari untuk kondisi tubuh di luar olahraga. Jika melakukan olahraga, jumlahnya dapat ditambah sebanyak 12 – 16 ons sebelum latihan dan menambah 8 – 10 ons pada setiap 15 menit olahraga berat.

  4. Diet Seimbang

    Menaikkan masa otot dengan cepat tidak hanya tergantung pada latihan yang Anda lakukan. Atur pola makan dan asupan gizi Anda. Hindari diet tinggi karbohidrat yang dapat menyebabkan naiknya hormon insulin sehingga menghambat pertambahan massa otot. Jaga asupan seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

  5. Konsumsi Protein

    Banyak yang berpikir bahwa cara cepat menaikkan massa otot adalah dengan menaikkan jumlah protein yang dikonsumsi. Hal tersebut ada benarnya, namun perlu takaran yang tepat, sebab kelebihan protein justru menyebabkan Anda kehilangan massa otot dan kalsium.

    Protein yang berlebihan akan menumpuk menjadi racun keton, kondisi ini akan memaksa ginjal untuk mengusir racun tersebut dari tubuh sehingga air yang dibutuhkan ginjal menjadi lebih banyak. Saat Anda berada dalam olaharaga berat, potensi dehidrasi akan meningkat, kerja ginjal yang berat dapat menyebabkan menurunnnya kadar air yang ditandai dengan menyusutnya berat badan. Hal tersebut dapat sekaligus menyusutkan massa otot dan kalsium di tubuh Anda. Untuk menaikkan massa otot dengan cepat, jumlah protein yang disarankan adalah tidak lebih dari 30% asupan kalori harian Anda.

Jadi, Anda ingin mencoba menaikan massa otot? Silakan dicoba dan semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba dan tetap semangat.

Please login or register to post comments.