Krioterapi Untuk Pulihkan Pegal – pegal

Fatigon – Pernahkan Anda mendengar tentang krioterapi? Krioterapi adalah salah satu metode penyembuhan dengan memanfaatkan air dingin. Metode ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang aktif berolahraga ataupun sering melakukan ativitas yang berisiko menyebabkan pegal, cedera ringan hingga berat. Bagaimana cara kerjanya?

Jangan dulu bayangkan metode penyembuhan yang menggunakan alat – alat rumit atau teknologi canggih. Faktanya, krioterapi dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan tempat berendam dan air sangat dingin. Karena metode kerja dari krioterapi sangat sederhana yaitu mengacu pada fakta bahwa secara fisiologis suhu dingin dapat mengurangi metabolisme dalam jaringan sehingga mengurangi sinyal rasa sakit ke saraf pusat serta mencegah terjadinya cedera pada jaringan sekunder.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa berendam di air dingin dapat mempercepat pemulihan cedera dan pegal – pegal otot. “ Bagi mereka yang bermain dalam jadwal sangat padat, cara ini jelas akan menjadi pilihan pemulihan otot yang cepat dan bermanfaat,” kata dr. Chris Bleakley dari Universitas Uster. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa berendam dalam air dingin bersuhu 10 – 15 derajat celcius dalam waktu lima menit akan dapat meredakan nyeri lebih cepat bagi mereka yang mengalami nyeri setelah beolahraga, jika dibandingkan hanya dengan beristirahat saja.

Walaupun terdengar sangat mudah, bukan berarti Anda bisa langsung berendam dalam air bersuhu 10 – 15 derajat celcius tanpa persiapan. Semua ada aturannya. Karena jika dilakukan tanpa persiapan maka tubuh akan mengalami guncangan psikologis apalagi dalam kondisi yang lelah. Jadi, pastikan Anda mandi dengan air sejuk terlebih dahulu kemudian baru berendam dengan menurunkan suhu airnya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Agar lebih maksimal untuk menghilangkan capek pegal minum Fatigon sebelum istirahat, ya.

Please login or register to post comments.