Waspada Jika Sudah Mengalami 5 Gejala Burnout Ini

Banyak orang yang merasa bekerja adalah salah satu hal yang menyenangkan. Namun ternyata, tidak semua orang mengalaminya. Banyak juga orang yang justru merasa pekerjaan yang dilakukannya adalah sebuah beban. Akibatnya mereka akan tertekan akan pekerjaannya dan mengalami burnout.

Burnout sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi lelah seseorang secara psikologis, emosi, dan fisik karena pekerjaan yang dijalaninya. Menurut American Psychological Association, David Ballard, PsyD, Burnout adalah sebuah periode waktu yang cukup panjang ketika seseorang mengalami kelelahan dan kehilangan minat akan suatu hal, sehingga terjadi penurunan kualitas dalam performa kerjanya.

Sebelum kondisi seseorang yang mengalami semakin parah, burnout akan menunjukkan beberapa gejala yang harus diwaspadai, antara lain:

  • Merasa tidak memiliki cukup waktu

Anda akan mulai merencanakan kegiatan yang dilakukan esok hari di hari sebelumnya. Tidak hanya itu, perasaan bahwa waktu yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi seluruh kegiatan membuat Anda mengalami stres dan sulit tidur. Akibatnya Anda akan bangun dengan konduisi yang tidak segar keesokan harinya.

  • Menurunnya prestasi

Ketika Anda mengalami burnout akan kehilangan motivasi untuk melakukan suatu kegiatan, terutama yang berkaitan dengan pekerjaannya. Selain itu, Anda juga akan mulai merasakan lelah dalam periode waktu yang lama. Beberapa di antaranya bahkan mulai mengalami keluhan fisik seperti mual, sakit kepala, dan keluhan lainnya. Kedua hal tersebut akan mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja dan secara langsung mempengaruhi prestasi kerja. Penurunan prestasi ini bisa terjadi secara drastis dan akan semakin parah.

  • Memiliki emosi yang negatif

Anda mulai memiliki emosi yang negatif terhadap berbagai hal. Mulai dari turunnya kepercayaan diri, merasa bahwa apa yang Anda lakukan tidak memiliki dampak berarti, pesimis, dan berbagai emosi negatif lainnya. Anda juga mungkin akan memiliki konflik lebih banyak dengan orang sekitar seperti lebih berargumen atau malah menjauh.

  • Kurang peduli pada diri sendiri

Anda tidak lagi peduli dengan kondisi tubuh Anda dengan memiliki berbagai kebiasaan tidak sehat. Seperti mengonsumsi minuman beralkohol, merokok berlebihan, mengonsumsi junk food berlebihan, dan sebagainya. Anda juga mungkin akan mengalami masalah kurang tidur sehingga membutuhkan bantuan obat tidur untuk membantu Anda mengatasinya. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan fisik Anda dan membuat Anda berisiko terkena berbagai penyakit.

  • Selalu merasa tidak puas

Anda akan selalu merasa tidak puas dengan apapun yang terjadi di sekitar Anda. Baik itu di rumah, kantor, dan berbagai tempat lainnya. Anda juga akan merasa tidak puas dengan apa yang sudah dimiliki, misalnya karir Anda saat ini. Rasa bahagian yaang

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami burnout, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Kurang bisa mengatur time management
  2. Lingkungan pekerjaan yang kurang sesuai keinginan
  3. Tekanan pekerjaan (deadline atau tingkat kualitas kerja)
  4. Tidak suka dengan pekerjaan yang dilakukan

Burnout bukanlah hal yang bisa Anda abaikan begitu saja karena dampak yang terjadi akan semakin besar, baik untuk fisik maupun psikologis Anda. Ada baiknya jika Anda segera mengatasinya dengan mengonsultasikan masalah ini pada seorang ahli psikologis. Selain itu, untuk menjaga stamina Anda tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi multivitamin untuk stamina seperti FATIGON SPIRIT. Multivitamin ini mengandung 1,3,7 Trimethyl Xanthin dan Nano Ginseng yang dapat bekerja efektif untuk menjaga stamina tubuh. Dengan terjaganya stamina tubuh, Anda akan lebih siap dalam menghadapi aktivitas keseharian di kantor.

Please login or register to post comments.