Tubuh Pegal Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Tidur menjadi cara ampuh untuk mengusir lelah setelah seharian beraktivitas. Dengan memenuhi kebutuhan tidur yang cukup, Anda pasti berharap bisa bangun dengan segar supaya bisa kembali beraktivitas esok hari. Namun sayangnya, harapan tersebut tidak selalu terwujud. Sebab ada beberapa kondisi ketika Anda justru merasa pegal pada satu atau seluruh bagian tubuh ketika bangun di pagi hari. Dari mulai pegal yang tergolong ringan hingga pegal yang terasa cukup sakit sehingga sangat mengganggu.

Memang pegal saat bangun tidur merupakan hal yang umum dialami beberapa orang dan berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Kurang olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika Anda tidak pernah melakukan olahraga dan juga sedikit beraktivitas fisik, maka peredaran tersebut akan terganggu. Akibatnya otot akan kekurangan oksigen sehingga terasa kaku dan menimbulkan pegal di seluruh area tubuh. Untuk mencegahnya, Anda bisa mulai melakukan olahraga secara rutin secara bertahap.

  • Aktivitas berlebihan

Jika Anda tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik, ketika Anda melakukan olahraga atau aktivitas berlebihan, akan membuat otot, sendi, dan ligamen menegang. Kondisi ini tidak akan membaik hanya dengan tidur. Justru Anda bisa mengalami masalah pegal dan kram saat bangun tidur. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya jika Anda melakukan aktivitas fisik secukupnya sesuai kemampuan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk capek pegal FATIGON PUTIH. Multivitamin ini mengandung kalium dan magnesium aspartat yang sangat bermanfaat untuk membantu proses penguraian asam laktat penyebab capek pegal. Konsumsi multivitamin ini satu kaplet sebelum tidur.

  • Obesitas

Selain merupakan sumber berbagai penyakit, obesitas juga akan menyebabkan Anda mengalami pegal saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena sendi di seluruh tubuh mengalami tekanan dan akhirnya semakin tegang. Jika hal ini terus berlangsung, tubuh tidak hanya akan terasa pegal tetapi juga nyeri. Untuk mencegah pegal akibat obesitas, Anda bisa memulai pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan Anda.

  • Kegiatan sebelum tidur

Apa yang Anda lakukan sesaat sebelum tidur? Saat ini banyak orang yang memilih untuk bermain gadget sepuasnya sebelum tidur. Padahal hal ini tidak hanya bisa membuat mata Anda lelah saja, tetapi juga bisa membuat tubuh Anda pegal saat bangun tidur. Sebab kegiatan ini akan membuat kualitas tidur Anda tidak baik. Belum lagi jika Anda terus bermain dalam posisi yang sama, maka risiko mengalami pegal akan semakin besar. Ada baiknya jika Anda menjauhkan gadget terlebih dahulu dari Anda sebelum tidur.

  • Posisi tidur

Posisi saat Anda tidur merupakan salah satu penyebab munculnya pegal di pagi hari. Sayangnya Anda mungkin agak sulit untuk menghindarinya. Sebab gerakan di saat Anda tidur terkadang dilakukan tanpa sadar. Namun untuk mengurangi risikonya, ada baiknya jika Anda mulai membiasakan tidur dengan posisi yang baik setidaknya pada awal tidur.

  • Kualitas tempat tidur

Selain dari diri Anda sendiri, kualitas tempat tidur atau bantal yang kurang pas ternyata juga bisa membuat rasa pegal tersebut muncul. Ada baiknya jika Anda mulai menganggarkan biaya penggantian kasur atau bantal dengan yang baru jika sudah dirasa tidak nyaman digunakan.

Nah, setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, semoga Anda tidak lagi mengalami masalah tersebut, ya!

Please login or register to post comments.