Aturan Tepat Minum Air Putih Setelah Makan

Minum air putih setelah makan mungkin terlihat seperti hal yang tak perlu diperdebatkan. Merupakan hal yang wajar jika hal pertama yang kita cari setelah makan adalah air minum. Pasalnya, air putih terkenal dengan manfaat yang baik bagi pencernaan. Menurut ahli, air dan cairan lain dapat membantu memecah makanan, sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik. Akan tetapi, sebagian ahli berpendapat sebaliknya: mengonsumsi air putih langsung setelah makan justru dapat menghambat pencernaan.

Mengapa demikian?

Ketika mencerna makanan, lambung membutuhkan asam hidroklorida (HCl) untuk memecah makanan yang baru dikonsumsi. Sementara, air putih yang masuk ke dalam perut bersamaan dengan makanan dapat memengaruhi tingkat keaasaman lambung. Akibatnya, perut akan terasa kembung, tak nyaman, bahkan dapat memicu naiknya asam lambung.

Lantas haruskah kita menghindari konsumsi air putih setelah makan?

Jawabannya tentu tidak. Hal yang harus dihindari adalah langsung minum air putih setelah makan tanpa jeda. Bagaimana pun, minum air putih tetap penting untuk kelangsungan pencernaan karena air putih dapat melancarkan kerja usus dan mencegah terjadinya sembelit.

Namun, sebaiknya beri jeda antara makan dan minum air putih. Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih 30 menit setelah makan untuk mencegah terhambatnya proses pencernaan.

Beberapa ahli juga menyarankan untuk minum air putih 30 menit sebelum makan. Mengonsumsi air putih sebelum makan dapat membuat makanan lebih cepat masuk ke usus besar. Selain itu, minum air putih sebelum makan juga dapat membuat perut lebih cepat kenyang, sehingga mencegah porsi makan yang berlebihan.

Selain sebelum dan setelah makan, air putih juga dianjurkan untuk minum air putih pada waktu-waktu berikut ini:

  • Setelah bangun tidur di pagi hari.
  • Sebelum mandi.
  • Sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Menjelang tidur.

Ada banyak manfaat yang akan didapat jika Anda mengikuti aturan yang tepat dalam mengonsumsi air putih. Salah satunya adalah tidak mudah lelah dan enerjik saat menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, jika Anda masih merasa air putih saja belum cukup, coba dukung dengan vitamin untuk tenaga, FATIGON SPIRIT. Minum FATIGON SPIRIT dapat membuat Anda merasa lebih segar dan bertenaga untuk menghadapi hari-hari. Jangan lupa untuk mengonsumsinya sesaui dengan aturan pakai: 2-3 kali sehari satu kaplet. Semoga bermanfaat!

Please login or register to post comments.