Ini Penyebab Anda Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan ada banyak hal yang harus lebih dipersiapkan oleh Anda. Seperti membawa payung atau jas hujan ke mana pun Anda pergi, mempersiapkan baju ganti di kantor untuk berjaga-jaga, dan sebagainya. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya yaitu Anda juga perlu mempersiapkan diri menyambut datangnya musim ini dengan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Memang penyakit bisa datang kapan pun dan di mana pun. Namun ketika musim hujan datang, risiko Anda terserang suatu penyakit akan semakin besar. Berdasarkan situs KlikDokter, kondisi tersebut bisa terjadi akibat beberapa penyebab, di antaranya:

  • Adanya perubahan suhu ekstrem

    Ketika tidak turun hujan pada siang hari, suhu akan terasa panas. Namun ketika tiba-tiba turun hujan, suhu akan berubah menjadi dingin. Perubahan suhu secara cepat inlah yang menyebabkan tubuh mengalami kesulitan untuk beradaptasi sehingga mempengaruhi daya tahan tubuh.

  • Kurangnya aktivitas fisik

    Cuaca hujan dan suhu dingin. Hmm, waktu yang sangat pas untuk bermalas-malasan. Bahkan banyak yang sulit sekali untuk bangun dari tempat tidur ketika cuaca sudah seperti ini sejak pagi hari. Kondisi ini akan membuat aktivitas fisik Anda berkurang sehingga membuat tubuh kurang bugar dan lebih rentan terkena berbagai penyakit.

  • Paparan sinar matahari berkurang

    Ketika hujan datang, langit akan menjadi mendung dan menutup sinar matahari. Hal ini akan membuat paparan sinar matahari menjadi jauh berkurang. Apalagi jika hujan terjadi sejak malam hingga sore. Padahal sinar matahari pagi merupakan sumber alami Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan juga enzim dalam tubuh. Ketika tubuh tidak terkena paparan sinar matahari pagi yang cukup, maka akan berisiko pada turunnya daya tahan tubuh.

  • Virus dan bakteri lebih cepat berkembang

    Musim hujan dapat menyebabkan beberapa daerah tertentu mengalami peningkatan kelembaban. Padahal daerah yang lembab sangat disukai oleh virus dan bakteri untuk berkembang. Selain itu, pada musim seperti ini virus dan bakteri juga bisa bertahan lebih lama di udara.

Nah, agar Anda tidak mudah sakit saat musim ini tiba, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Cukup istirahat karena tubuh yang kelelahan akan lebih mudah terserang penyakit. Ada baiknya jika Anda penuhi kebutuhan istirahat 7-8 jam sehari.
  • Tetap beraktivitas fisik seperti biasa. Jika Anda terbiasa melakukan olahraga rutin, maka Anda bisa tetap melanjutkannya dengan mengubahnya menjadi olahraga indoor ketika sedang hujan.
  • Selalu menjaga kebersihan dengan cara mandi secara rutin setiap hari dan selalu mencuci tangan setelah dari toilet, luar rumah, dan sebelum makan.
  • Menutup genangan air yang ada di rumah kecuali jika air bersirkulasi dengan baik. Sebab genangan air yang didiamkan lama akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk penyebab berbagai penyakit.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit seperti FATIGON SPIRIT rutin setiap harinya. Kandungan 1,3,7 Trimethyl Xanthin dan Nano ginseng di dalamnya dapat bekerja cepat untuk memelihara stamina tubuh. Selain itu kandungan L-Carnitine di dalamnya dampat membantu proses pembakaran lemak dalam metaolisme tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. Sehingga stamina tubuh akan terjaga dan tubuh akan memiliki energi untuk tetap melakukan aktivitas secara normal pada musim hujan.

Please login or register to post comments.