Dampak Negatif Akibat Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Tak bisa dipungkiri, gadget sudah menjadi kebutuhan sehari-hari di era modern ini. Mulai dari membaca berita, mencari hiburan, hingga berkomunikasi dengan orang lain, semuanya bisa dilakukan dengan bantuan gadget. Namun, jangan sampai terbuai dengan semua kemudahan dan kesenangan tersebut. Semua hal yang berlebihan pasti memiliki efek samping, termasuk bermain gadget. Jika Anda terlalu sering menggunakan gadget – bahkan dari bangun tidur hingga menjelang waktu tidur lagi – sebaiknya waspadai risiko jangka panjang yang mengintai ini:

  • Gangguan tidur

Mungkin Anda pernah mendengar tentang sinar biru yang dipancarkan oleh gadget. Nah, sinar biru ini tidak bisa diremehkan. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan dari gadget dapat meningkatkan produksi melatonin dari otak. Produksi zat melatonin ini dapat mengganggu kualitas tidur dan juga membuat jam tidur menjadi berantakan.

  • Penurunan fungsi otak

Memang terdengar menyeramkan tapi hal inilah yang sebenarnya terjadi ketika Anda terlalu sering menghabiskan waktu sebelum tidur dengan bermain gadget: penurunan fungsi otak. Hal ini disebabkan oleh radiasi dari layar gadget yang bisa membuat fokus otak terganggu. Bahkan dalam jangka panjang, otak juga dapat mengalami penurunan daya ingat.

  • Mata lelah

Merasa sering pusing di area sekitar mata akhir-akhir ini? Mungkin Anda perlu mengurangi penggunaan gadget di malam hari. Menurut penelitian secara klinis, sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget dapat langsung mengenai kornea dan lensa mata yag dapat merusak retina. Menatap layar terlalu lama juga dapat membuat mata kelelahan. Gejalanya berupa: sulit memfokuskan pengelihatan, penglihatan kabur dan sering sakit kepala.

  • Meningkatkan risiko stres dan depresi

Terakhir, efek samping yang jarang disadari tapi sangat memengaruhi kehidupan Anda adalah stres dan depresi. Ya, riset yang dilakukan oleh seorang peneliti menghasilkan bahwa sinar biru ini dapat menurunkan semangat dan stamina di pagi hari. Paparan sinar yang berlebih juga dapat membuat Anda lebih sulit mengendalikan mood yang bisa berujung depresi.

Lalu bagaimana cara mengurangi kebiasaan menggunakan gadget sebelum tidur? Anda bisa menggantinya dengan kebiasaan lain yang bisa merileksasikan tubuh seperti membaca buku, misalnya. Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk capek pegal sebelum beristirahat. Multivitamin seperti FATIGON PUTIH dapat membantu memaksimalkan pemulihan energi ketika Anda tidur, sehingga badan terasa segar di pagi hari.

Please login or register to post comments.