Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ini Untuk Cegah Masalah Kram Otot

Kekurangan nutrisi bisa memberikan beragam dampak buruk bagi tubuh. Tidak hanya bisa menyebabkan Anda terserang berbagai penyakit, masalah tersebut juga bisa menjadi penyebab terjadinya kram. Kram sendiri adalah kondisi dimana otot mengalami kontraksi secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa nyeri. Pada saat kram muncul Anda bisa coba mengatasinya dengan merilekskan otot bagian tubuh yang kram agar rasa nyeri cepat hilang. Namun jika kram terjadui karena tubuh kekurangan nutrisi, maka kram dapat kembali muncul terus menerus dan tentunya akan mengganggu ativitas Anda.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang harus terpenuhi, yaitu:

  • Magnesium

Magnesium merupakan mineral tubuh yang bermanfaat sebagai pengatur adenosin trifosfat (ATP). ATP sendiri adalah sumber energi untuk kontraksi maupun untuk melemaskan otot. Ketika kadar magnesium dalam tubuh berada di bawah batas minimum, maka proses pelemasan atau rileksasi otot akan berkurang.

  • Kalsium

Kalsium juga merupakan elektrolit yang berperan penting mengatur kontraksi dan relaksasai otot. Tidak hanya itu, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan sel saraf menjadi sensitif sehingga lebih mudah mengalami kram.

  • Kalium

Kalium merupakan elektrolit yang berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium dan magnesium. Fungsi ini membuat tubuh yang kekurangan kalium, akan berisiko tinggi mengalami kekurangan kalsium dan magnesium. 

  • Sodium

Sodium adalah salah satu elektrolit yang bermanfaat untuk melancarkan proses kontraksi otot. Zat ini bekerja sama dengan elektrolit lainnya untuk memastikan fungsi otot dapat bekerja dengan baik. Sodium biasanya akan banyak berkurang ketika cuaca sedang panas sehingga Anda banyak berkeringat.

  • Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks merupakan gabungan Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Vitamin B Kompleks sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan fungsi saraf dan otot.

Untuk memenuhi kebutuhan elektrolit seperti magnesium, kalsium, dan kalium, Anda bisa mengonsumsi bayam dan brokoli dalam jumlah yang cukup. Sodium bisa didapatkan dari konsumsi garam melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sementara untuk vitamin B kompleks, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi karena pada setiap makanan sehat, seperti sayur dan buah, memiliki kandungan vitamin yang berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi FATIGON PUTIH setiap hari sebelum tidur. FATIGON PUTIH merupakan vitamin untuk kram kesemutan yang mengandung vitamin B kompleks. Dengan mengonsumsi makanan bervariasi disertai dengan konsumsi FATIGON PUTIH, Anda tidak perlu lagi khawatir kekurangan vitamin B kompleks penyebab munculnya kram otot.

Please login or register to post comments.