Waspada, Terlalu Lelah Bisa Menyebabkan Insomnia

Ketika tubuh terasa lelah, tidur merupakan salah satu cara tepat untuk menghilangkan rasa tersebut. Sayangnya tidak semua orang bisa segera tidur pada saat tubuh sudah merasa sangat lelah. Bahkan ada orang yang justru menjadi gelisah dan mengalami insomnia akibat terlalu lelah. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu dan bisa menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit akibat kurangnya waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh.

Masalah insomnia yang muncul akibat tubuh terlalu lelah ternyata bisa terjadi akibat beberapa hal, antara lain:

  • Jadwal tidur yang berantakan

Bagi Anda yang sudah terbiasa tidur tanpa adanya jadwal tetap, atau sudah terbiasa tidur terlalu malam, maka akan tetap sulit tidur meskipun tubuh sudah sangat lelah. Biasanya Anda baru akan tidur ketika sudah masuk jadwal tidur keseharian Anda.

  • Gangguan hormon

Insomnia bisa terjadi juga ketika adanya masalah pada hormon kortisol dalam tubuh. Hormon tersebut berkaitan erat dengan jam biologis tubuh. Dalam kondisi normal, hormon ini biasanya akan mengalami peningkatan saat pagi hari dan menurun ketika malam hari. Namun ketika adanya masalah, kadar hormon kortisol ini tidak stabil dan meningkat pada malam hari sehingga membuat Anda gelisah dan sulit tidur. Masalah hormon kortisol ini biasanya terjadi adanya gangguan kelenjar adrenalin.

  • Terjadi ketegangan otot

Tubuh yang terlalu lelah akan membuat otot menjadi tegang. Kondisi ini akan membuat otak menilai bahwa tubuh belum siap untuk tidur. Inilah yang membuat Anda pada akhirnya mengalami insomnia meskipun sudah lelah.

Untuk mengatasi masalah insomnia akibat tubuh yang terlalu lelah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Mulailah membuat jadwal tidur tetap yang sehat. Usahakan jadwal tidur Anda memenuhi kebutuhan waktu istirahat minimal yaitu sekitar 7 hingga 8 jam.
  2. Lakukan aktivitas yang bisa merilekskan otot tubuh Anda. Misalnya berendam di air hangat, mengonsumsi susu hangat, dan berbagai aktivitas lainnya. Namun pastikan bahwa aktivitas yang dilakukan tidak membuat tubuh Anda semakin lelah.
  3. Jika insomnia terjadi akibat adanya masalah pada kesehatan Anda, maka ada baiknya jika mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain dari insomnia, tubuh yang terlalu lelah sebenarnya juga bisa memberikan dampak lainnya, yaitu bangun dengan kondisi pegal jika lelah akibat banyaknya aktivitas fisik dan juga tidak bersemangat keesokan harinya. Untuk mengatasi kedua dampak tersebut, Anda bisa mengonsumsi FATIGON PUTIH yang merupakan vitamin untuk capek pegal. Multivitamin ini mengandung Kalium dan Magnesium Aspartat yang membantu proses penguraian asam laktat di otot untuk diubah menjadi energi. Dengan mengonsumsi multivitamin ini sebelum tidur dimalam hari, maka masalah pegal akan dapat teratasi.

Please login or register to post comments.