Cara Mengatasi Leher Nyeri dan Kaku

Leher yang nyeri dan kaku umum dirasakan oleh banyak orang. Penyebabnya pun ada berbagai macam. Mulai dari kurangnya aktivitas fisik, salah posisi tidur, terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer, stres, bahkan gangguan saraf. Jika Anda kerap merasa leher nyeri dan kaku, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini di antaranya:

  • Lakukan peregangan

Tak ada salahnya untuk melakukan sedikit peregangan saat nyeri leher. Akan tetapi, pastikan gerakannya tepat yang tepat dan tidak memaksakannya. Anggukan kepala Anda ke depan dan belakang atau gerakkan kepala Anda ke kiri dan ke kanan. Nyeri pada leher bisa disebabkan oleh otot yang tegang dan peregangan seperti ini bisa membantu menguranginya.

  • Memanfaatkan panas dan dingin

Mengompres dengan air hangat atau dingin juga bisa dicoba untuk meredakan nyeri di leher. Pasalnya, sifat panas mampu merelaksasi otot yang tegang. Coba gunakan bantal panas atau handuk panas untuk mengompres leher. Selain itu, rasa dingin juga dapat membantu mengurangi timbunan asam laktat yang menjadi penyebab rasa nyeri otot. Kompreslah bagian yang nyeri dengan kantung es batu selama 10-15 menit.

·         Perhatikan posisi duduk

Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk menatap layar komputer dalam waktu yang lama, maka cobalah untuk mengoreksi posisi duduk Anda. Posisi duduk yang salah dapat memicu ketegangan otot dan menyebabkan leher kaku. Cobalah untuk duduk dengan posisi tegap dan bersandar tapi tetap santai dan rileks. Selain itu, janganlah duduk terlalu lama. Sesekali berdirilah dan lakukan peregangan otot.

  • Coba tidur tanpa bantal

Ternyata untuk mengurangi rasa nyeri pada leher, disarankan untuk tidur tanpa bantal. Pasalnya, cara ini dapat mengatasi leher yang kaku dan nyeri akibat salah posisi tidur. Pastikan juga Anda tidur dengan cukup setiap hari untuk mencegah semakin parahnya rasa nyeri.

  • Kurangi rasa cemas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab leher nyeri salah satunya adalah stres. Untuk itu, sebaiknya periksa tingkat kecemasan dan lakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa cemas tersebut.

Selain melakukan cara-cara di atas, mengonsumsi vitamin untuk capek pegal juga bisa menjadi solusi leher nyeri. Dengan mengonsumsi FATIGON PUTIH, misalnya. Komposisinya dapat melancarkan proses metabolisme dan fungsi sistem saraf dan menguraikan asam laktat, sehingga rasa pegal dan kaku pada otot dapat berkurang. Namun, jika rasa kaku dan nyeri otot tak kunjung hilang, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Please login or register to post comments.