Apa Akibatnya Jika Kurang Minum Air Putih Saat Olahraga?

Olahraga merupakan kunci dari kesehatan yang harus dilakukan dengan tepat. Saat olahraga, mengonsumsi air putih sangat dianjurkan karena kebutuhan cairan tubuh juga harus dipenuhi. Sudahkah Anda melakukannya?

Mencukupi kebutuhan cairan akan menjaga hidrasi tubuh yang akan berpengaruh pada performa, kenyamanan dan keamanan Anda saat berolahraga. Saat tubuh terhidrasi, maka otot-otot tubuh dapat bekerja dengan baik karena oksigen dan nutrisi di dalam tubuh juga akan tersalurkan dengan baik. Selain itu, cairan tubuh juga membantu kerja jantung untuk memompa darah, sehingga jantung tidak akan bekerja terlalu keras.

Begitu banyak manfaat mengonsumsi air putih saat olahraga. Namun, bisakah Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan cairan selama olahraga? Berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat terjadi:

  • Mudah lelah. Kehilangan cairan tubuh akan menurunkan konsentrasi dan meningkatkan ketegangan saat berolahraga. Akibatnya, tubuh jadi mudah lelah dan lesu.
  • Beban jantung bertambah. Tanpa cairan tubuh yang cukup, aliran darah dapat terhambat. Pasalnya, darah bisa menjadi lebih kental sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa memicu sesak napas, pusing dan tekanan darah tinggi.
  • Mudah nyeri. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cairan tubuh berfungsi penting untuk kerja otot. Jika kurang mengonsumsi air putih saat olahraga, nyeri otot bisa terasa lebih lama dari yang seharusnya.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk tetap mengonsumsi air putih selama berolahraga. Namun, mungkin Anda khawatir jika perut terasa kembung ketika minum saat berolahraga. Nah, jumlah air putih yang dikonsumsi pun perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu banyak. Selain itu, untuk menjaga tubuh supaya terhidrasi, dibutuhkan juga konsumsi air putih saat sebelum dan setelah olahraga.

Dilansir dari klikdokter.com, dr. Sophia B. Hage menganjurkan untuk meminum 400-600 ml cairan sebelum olahraga, kemudian 200-250 ml setiap 15-20 menit selama olahraga, lalu 500-1000 ml cairan dalam 3 jam pertama setelah olahraga – tergantung dengan suhu tubuh dan intensitas latihan.

Selama cairan tubuh tercukupi, Anda pasti akan lebih semangat untuk menjalankan aktivitas, termasuk olahraga. Namun, jika merasa butuh stamina lebih, multivitamin untuk stamina seperti FATIGON SPIRIT selalu siap bantu dongkrak semangat Anda. Konsumsi FATIGON SPIRIT sesuai dengan aturan pakai, tubuh pun akan lebih siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari!

Please login or register to post comments.