5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Mengganggu Metabolisme Tubuh

Meskipun terkadang dampaknya tidak langsung dirasakan oleh tubuh, masalah metabolisme perlu diwaspadai oleh siapa pun, terutama oleh Anda para pekerja kantoran. Mengapa? Biasanya pekerja kantoran kerap duduk dalam waktu yang lama, bahkan bisa hingga delapan jam setiap harinya. Kebiasaan duduk terlalu lama ini dapat meningkatkan risiko masalah metabolisme yang dapat berujung pada penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, hingga jantung. Nah, untuk mencegah masalah tersebut, sebaiknya hindari kebiasaan yang bisa mengganggu metabolisme tubuh seperti:

  • Pola makan yang buruk

Makanan yang dikonsumsi sangat berperan terhadap jalannya sistem metabolisme tubuh. Meski demikian karena satu dan lain hal mungkin Anda masih belum memiliki pola makan yang benar. Padahal, akibatnya metabolisme akan terhambat. Sebaiknya, terapkan pola makan yang baik dan teratur. Menurut klikdokter.com, pola makan yang disarankan oleh para ahli adalah makan yang teratur setiap tiga jam sekali dan dengan porsi yang tepat, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

  • Kurang memerhatikan nutrisi

Selain membenahi pola makan, memerhatikan nutrisi makanan juga perlu. Jika nutrisi tidak seimbang, maka metabolisme tentu akan terganggu. Jika Anda berniat untuk diet, maka pilihlah diet yang tepat. Sebaiknya, jangan menghindari asupan karbohidrat sama sekali karena akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh.

  • Waktu tidur berantakan

Mengatur waktu tidur juga penting dilakukan untuk menghindari masalah metabolisme. Waktu tidur yang disarankan adalah delapan jam sehari. Baik kekurangan atau kelebihan jam tidur dapat meningkatkan risiko masalah metabolisme tubuh.

  • Terlalu sering mengonsumsi kafein

Kafein memang dapat membantu tubuh merasa berenergi. Akan tetapi mengonsumsinya secara berlebihan justru akan berdampak sebaliknya. Mengonsumsi kafein terlalu banyak akan melemahkan sistem metabolisme tubuh.

  • Jarang mencuci tangan

Mencuci tangan dapat mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, jarang mencuci tangan bisa memungkinkan virus yang memicu permasalahan metabolisme masuk ke dalam tubuh. Selain rajin mencuci tangan, mencuci buah dan sayur sampai bersih juga perlu untuk dilakukan.

Jadi, mulai sekarang mulailah berhati-hati dengan kebiasaan yang Anda lakukan. Selain menghindari kebiasaan di atas, mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit seperti FATIGON PUTIH juga bisa membantu memperlancar metabolisme. Kandungan Vitamin B Kompleksnya membantu memelihara kesehatan, melancarkan proses metabolisme, dan mengoptimalkan fungsi sistem saraf serta peredaran oksigen dalam tubuh. Konsumsilah setelah beraktivitas sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yakni 1 kaplet sehari. Selamat menjalankan aktivitas dan tetap jaga kesehatan Anda!


Please login or register to post comments.