Olahraga Berlebihan Ternyata Sangat Berbahaya

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Bahkan, bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, melakukan olahraga secara rutin adalah salah satu faktor pendukungnya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata olahraga juga bisa membahayakan kesehatan Anda? Tidak hanya itu, kegiatan ini juga ternyata bisa menyebabkan kematian.

Yap, kedua hal tersebut memang bisa terjadi jika olahraga dilakukan secara berlebihan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari olahraga berlebihan:

  • Insomnia

Olahraga bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengobati masalah insomnia Anda, tetapi juga bisa menjadi penyebab Anda mengalami insomnia. Sebab, ketika Anda melakukan olahraga secara berlebihan akan membuat sistem hormonal dan saraf Anda terganggu dan membuat Anda sulit untuk tidur. Apalagi ketika olahraga berlebihan dilakukan pada malam hari, maka akan membuat risiko Anda mengalami insomnia semakin besar.

  • Terjadinya kerusakan otot

Kerusakan otot atau yang biasa disebut rhabdomyolysis terjadi karena matinya serat-serat otot dan keluarnya isi serat ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan rusaknya jaringan otot rangka penderitanya. Kondisi tersebut sangat serius, karena saat kerusakan ini menyebabkan masuknya mioglobin (protein yang berfungsi menyimpan oksigen di otot) ke dalam darah. Padahal kandungan mioglobin yang terlalu banyak dalam darah akan memicu terjadinya penyakit serius seperti gagal ginjal.

  • Depresi

Olahraga dapat menghindarkan seseorang dari risiko depresi karena pada saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa memberi efek bahagia atau senang. Namun, ketika hal ini dilakukan secara berlebihan, justru bisa memberikan efek depresi. Apalagi ketika Anda sudah berada dalam tahap exercise compulsion, yaitu ketika Anda merasa bahwa olahraga merupakan hal paling penting dalam hidup Anda di atas segalanya.

  • Mudah cedera

Ketika Anda berolahraga secara wajar, tubuh akan memiliki waktu untuk beristirahat sehingga kemungkinan cedera masih bisa diatasi dengan pemanasan atau peregangan otot. Namun, ketika Anda melakukannya secara berlebihan, tubuh tidak akan memiliki waktu untuk beristirahat. Sehingga akan mudah untuk mengalami cedera pada saat Anda memulai olahraga kembali.

  • Kematian

Pada seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu, olahraga dapat menyebabkan kematian. Misalnya seseorang yang memiliki plak pada pembuluh darah, ketika melakukan olahraga berlebih ada kemungkinan bagian kecil dari plak tersebut lepas dan terbawa aliran darah hingga ke ujung. Akibatnya akan terjadi sumbatan dan menyebabkan terjadinya kerusakan otot jantung. Jika kondisinya cukup parah, kerusakan tersebut bisa menyebabkan kematian mendadak pada penderitanya.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa olahraga yang dilakukan berlebihan sangatlah berbahaya. Jika Anda ingin selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga, ada baiknya jika lakukan dengan intensitas wajar sesuai kemampuan Anda. Khususnya untuk Anda yang tergolong jarang berolahraga, langsung memaksakan diri berolahraga dengan intensitas tinggi sangat berbahaya.

Nah, untuk mengatasi pegal dan capek setelah berolahraga, Anda bisa mengonsumsi FATIGON PUTIH secara rutin satu kaplet sebelum istirahat malam. FATIGON PUTIH merupakan vitamin untuk capek pegal yang mengandung kalium dan magnesium aspartat. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk membantu proses penguraian asam laktat yang menumpuk di otot dan menjadi penyebab pegal dan otot kaku untuk kemudian diubah menjadi energi. Dengan konsumsi FATIGON PUTIH secara rutin dan olahraga dengan intensitas normal, maka kesehatan tubuh Anda akan terjaga dan Anda akan selalu siap untuk menjalani berbagai kegiatan keseharian.

Please login or register to post comments.