Apakah Pijat Bisa Meredakan Atau Justru Semakin Memperparah Nyeri Otot?

Siapa yang tak pernah mengalami nyeri otot? Pasti Anda pun pernah mengalaminya. Nyeri otot biasanya terjadi setelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Meskipun biasanya hilang dengan sendirinya, nyeri otot tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, terkadang nyeri otot tak kunjung hilang. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Rasa pegal atau nyeri pada otot biasa disebut myalgia dalam istilah kedokteran. Nah, untuk mengatasinya, masyarakat Indonesia sudah lama memercayai teknik pijat atau massage. Memang, pada umumnya, pijat memang ditujukan untuk meredakan nyeri otot. Namun, apakah benar pijat bisa mengatasi masalah muskuloskeletal seperti nyeri otot dan pegal-pegal? Atau jangan-jangan, justru makin memperparah?

Nyeri otot atau pegal-pegal kerap disebabkan oleh tegang otot, adanya penekanan pada otot yang berlebihan, atau cedera otot ringan. Menurut klikdokter.com, sebuah studi menyimpulkan bahwa deep touch dapat mengurangi rasa nyeri dan menstimulasi penyembuhan pada nyeri otot yang dirasakan. Bahkan menurut peneliti asal Kanada, pijat dapat mengurangi proses peradangan otot, mirip seperti kerja ibuprofen atau aspirin.

Selain itu, pijat juga dapat meningkatkan peredaran darah dan saluran limfatik. Bukan hanya nyeri otot, pijat juga memberikan efek relaksasi pada otot, sehingga bisa meredakan gangguan cemas, susah tidur, dan mengurangi nyeri kepala.

Namun, terdapat bermacam-macam jenis pijat. Ada yang tekanannya lembut hingga keras. Jika tekanan terlalu kuat dan menimbulkan rasa tidak nyaman, pijat justru berisiko menimbulkan rasa nyeri. Teknik pemijatan juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pemijatan yang salah justru dapat menyebabkan risiko cedera otot yang lebih parah. Oleh karenanya, pijat sebaiknya dilakukan oleh terapis yang profesional dan teresertifikasi.

Perlu diperhatikan juga kalau tidak setiap masalah otot bisa diatasi dengan pijat. Pada kasus tertentu seperti cedera memar karena terbentur atau adanya luka terbuka tidak dianjurkan untuk dipijat karena dapat menghambat proses pemulihan dan semakin memperparah kondisi otot.

Selain pijat, perlu juga dilakukan pengobatan lain seperti mengonsumsi obat pereda nyeri atau vitamin untuk capek pegal. FATIGON PUTIH bisa jadi pilihan vitamin yang sesuai untuk meredakan pegal dan nyeri otot seusai beraktivitas. Kandungan Kalium dan Magnesium Aspartatnya mampu mengurai asam laktat penyebab pegal-pegal dan rasa kaku pada otot menjadi energi. Selain itu, Vitamin B Kompleks dan Vitamin E juga membantu memelihara kesehatan tubuh supaya Anda siap beraktivitas kembali di esok hari.

Please login or register to post comments.