Cara Tepat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah metabolisme, tetapi tahukah Anda apa arti dari istilah tersebut? Menurut situs KlikDokter, metabolisme adalah proses pemecahan zat gizi yang ada di dalam tubuh, untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Metabolisme yang baik akan membuat tubuh menjadi sehat dan dapat menurunkan risiko Anda terserang berbagai jenis penyakit. Tidak hanya itu saja, metabolisme yang baik juga akan memengaruhi berat badan, karena semakin baik metabolisme tubuh seseorang akan semakin banyak kalori yang dibakar.

Lalu, bagaimana caranya untuk meningkatkan metabolisme tubuh? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Olahraga
    Olahraga dengan intensitas tinggi akan semakin mempercepat metabolisme tubuh dibandingkan olahraga dengan intensitas sedang atau rendah. Namun, untuk Anda yang belum terbiasa berolahraga, ada baiknya jika memulainya secara perlahan terlebih dahulu. Sebab, memaksakan diri berolahraga secara berlebihan diluar batas kemampuan tubuh akan memberikan dampak bagi kesehatan.
  • Konsumsi camilan
    Camilan membuat tubuh menjadi gemuk? Ternyata tidak selalu, loh! Bahkan, camilan ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil. Sebab, metabolisme tubuh yang biasanya melambat pada jeda waktu makan besar, akan tetap memproses ketika Anda mengonsumsi camilan. Selain itu, untuk Anda yang sedang mengatur porsi makan, camilan juga membantu Anda untuk mengurangi porsi makan besar Anda. Namun tentunya, hal ini hanya berlaku jika Anda memilih camilan yang tepat, ya!
  • Konsumsi protein
    Tubuh membakar kalori lebih banyak saat mencerna protein dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat. Jadi, ada baiknya jika Anda mulai memilih makanan tinggi protein dan rendah lemak, khususnya lemak jahat yang dapat menjadi sumber berbagai penyakit.
  • Hindari diet ketat
    Diet ketat yang cenderung rendah kalori (kurang dari 1.200 kalori untuk wanita dan kurang dari 1.800 kalori untuk pria per harinya), akan membuat berat tubuh Anda berkurang beberapa kilogram. Namun, diet ini juga mengurangi massa otot, akibatnya metabolisme akan melambat dan membuat berat badan mudah naik setelah diet selesai.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
    Kurang cairan akan berdampak buruk bagi tubuh, termasuk juga pada metabolisme tubuh. Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Jerman, dengan mengonsumsi 6 gelas air putih sehari, dapat bantu meningkatkan metabolisme tubuh secara signifikan. Jadi, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup mengonsumsi air putih setiap harinya.

Selain melakukan berbagai cara di atas, Anda juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengonsumsi FATIGON SPIRIT. FATIGON SPIRIT merupakan vitamin untuk tenaga dengan berbagai kandungan penting untuk tubuh. Salah satunya yaitu L-Carnitine yang bermanfaat untuk proses pembakaran lemak dalam metabolisme tubuh, dan kemudian diubah menjadi energi. Tidak hanya itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, dengan mengonsumsi multivitamin ini secara rutin, akan membuat stamina Anda terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Please login or register to post comments.