Untuk Cegah Kantuk, Lebih Baik Konsumsi Kopi atau Teh?

Saat mengantuk, mana yang lebih Anda pilih, kopi atau teh? Meskipun kopi lebih populer, teh juga bisa dimanfaatkan untuk menemani lembur sepanjang malam atau sekedar mencegah rasa kantuk. Ya, senyawa kafein yang terkandung dalam kopi dan teh memang dapat menambah stamina tubuh, sehingga dapat melawan rasa kantuk. Namun, di antara teh dan kopi, manakah yang memberikan manfaat lebih besar? Coba simak penjelasannya di bawah ini.

Kemampuan mencegah kantuk dan meningkatkan energi

Tak heran kalau banyak orang yang memilih kopi untuk menemani aktivitas sehari-hari. Pasalnya, dalam 200ml atau segelas kopi, terkandung sekitar 200 mg kafein. Jumlah ini sudah mencakup sepertiga kebutuhan kafein dalam sehari.

Dengan kandungan kafein yang cukup tinggi, kopi memang bisa membuat tubuh terasa lebih waspada dan berenergi di awal-awal. Namun beberapa saat kemudian, lonjakan energi ini akan hilang dan justru membuat tubuh terasa lemah dari sebelumnya. Ditambah lagi, jika dikonsumsi dalam kondisi stres atau tertekan, kopi dapat mengakibatkan efek samping yang lebih parah seperti sakit kepala.

Lain halnya dengan kopi, teh mengandung kadar kafein yang lebih rendah sehingga tidak menyebabkan reaksi shock pada sistem saraf pusat yang membuat naiknya energi secara drastis. Alhasil, sistem saraf dapat fokus secara lebih stabil dan membuat Anda terjaga lebih lama.

Pengaruh terhadap kualitas tidur

Perbedaan antara konsumsi kopi dan teh juga terasa ketika Anda harus beristirahat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kopi lebih sulit untuk tidur. Berbeda dengan para peminum teh, mereka cenderung lebih mudah tidur dengan nyenyak. Hal ini mungkin diakibatkan oleh jumlah kafein pada kopi yang cukup besar, sehingga memaksakan tubuh untuk tetap terjaga meskipun sudah waktunya untuk tidur.

Kopi mungkin akan membantu Anda mencegah kantuk lebih efektif dibandingkan dengan teh. Akan tetapi, efek yang diberikan kopi hanya akan terasa di awal saja. Setelahnya, tubuh Anda justru akan terasa lebih lemah dibandingkan sebelumnya. Begitu pula ketika sudah tiba saatnya untuk tidur. Meski Anda sudah merasa lemah dan membutuhkan istirahat, kopi dapat membuat tubuh sulit untuk tidur dengan nyenyak. Jadi, bisa disimpulkan bahwa minum teh lebih dianjurkan untuk mencegah kantuk karena tidak menyebabkan efek samping yang mengganggu dan dapat membuat tubuh terjaga dengan lebih lama.

Untuk mencegah kantuk saat beraktivitas, Anda juga bisa mengonsumsi FATIGON SPIRIT. Kandungan caffein (1,3,7 trimetyl xanthin) cukup untuk mencegah kantuk tanpa menyebabkan shock. Selain itu FATIGON SPIRIT, vitamin untuk stamina dan kesegaran ini dapat membantu melancarkan proses metabolisme, meningkatkan energi, memelihara stamina, dan menambah kesegaran tubuh. Jika perlu, selalu awali aktivitas harian Anda dengan mengonsumsi FATIGON SPIRIT agar lebih bersemangat!


Please login or register to post comments.