Sulit Tidur? Ini Solusi untuk Mengatasinya!

Meskipun merupakan aktivitas yang sederhana, tidur memiliki pengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Bagaimana tidak, tanpa tidur yang berkualitas, seseorang cenderung merasa lemas dan tidak bersemangat untuk menjalani aktivitas. Bahkan jika sudah parah, sulit tidur atau insomnia bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Sulit tidur bisa disebabkan oleh stres, shift kerja, aktivitas yang terlalu padat, atau pun gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, tak heran kalau sulit tidur biasanya dialami oleh mahasiswa atau para pekerja dengan jadwal yang menumpuk. Namun, tak perlu khawatir, masih ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Coba lakukan beberapa tips yang dilansir dari klikdokter.com ini supaya masalah tidur bisa teratasi!

  •  Tetapkan jadwal tidur

Sulit tidur yang selama ini dialami bisa jadi disebabkan oleh jadwal tidur yang berantakan. Nah, jika selama ini Anda lebih memprioritaskan kegiatan, maka sekarang cobalah untuk kembali memprioritaskan waktu tidur. Pasalnya, jadwal tidur yang sama setiap harinya dapat mengatasi sulit tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Jika perlu, atur jadwal tidur supaya Anda bisa tidur selama 8 jam per hari.

  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Untuk mempermudah tidur, maka suasana kamar pun juga harus nyaman. Lingkungan tidur yang baik adalah yang tenang dan tidak terang. Suhu kamar pun tidak boleh terlalu dingin atau panas. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda, boleh juga memasang aroma terapi yang Anda sukai agar bisa tidur dengan lebih nyenyak.

  • Letakkan ponsel jauh dari tempat tidur

Sebuah penelitian membuktikan bahwa cahaya biru dari ponsel dan gadget lain bisa memengaruhi kualitas tidur. Selain itu, Anda mungkin juga akan tergoda untuk menggunakan ponsel sebelum tidur dan justru akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Karena itu, sebaiknya letakanlah ponsel dan perangkat elektronik lainnya jauh dari tempat tidur.

  • Olahraga secara teratur

Kurang olahraga dapat menurunkan kebugaran fisik yang berpengaruh pada kualitas tidur. Setiap orang disarankan untuk olahraga teratur paling tidak sebanyak 150 menit dalam seminggu. Olahraga rutin akan melepaskan hormon serotonin yang membuat tubuh lebih rileks. Dengan rutin berolahraga, kualitas tidur pun bisa membaik.

  • Mengonsumsi makanan yang menyehatkan sistem saraf

Pengidap insomnia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, sebab magnesium dipercaya mampu menenangkan sistem saraf. Anda bisa mendapatkan asupan magnesium melalui kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kacang tanah, kacang hitam, dan lain-lain.

Anda juga bisa mengonsumsi FATIGON PUTIH, vitamin untuk tubuh fit yang dapat memelihara kesehatan dan menjaga kondisi tubuh. Kandungan Kalium dan Magnesium Aspartat-nya dapat membantu menguraikan asam laktat sebagai penyebab pegal-pegal dan otot kaku yang menumpuk di otot setelah seharian beraktivitas, sehingga tidur lebih berkualitas dan saat bangun tubuh bebas capek dan pegal.

Semoga tips ini bermanfaat!

Please login or register to post comments.