Sebelum Mendaki Gunung, Ketahui Dulu Persiapannya Agar Aman

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan tetapi juga menegangkan. Menyenangkan karena Anda akan selalu mendapatkan pengalaman baru meskipun sudah sering melakukannya. Namun menegangkan karena Anda harus berada di alam liar hingga berhari-hari. Meskipun begitu, peminat kegiatan ini semakin bertambah dari waktu ke waktu. Apalagi, saat ini banyak kelompok backpacker yang membuka kesempatan pada anggota baru yang belum pernah mencoba kegiatan ini, untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba kegiatan ini untuk pertama kalinya, ada baiknya jika memerhatikan berbagai hal penting berikut ini:

1.       Kelompok pendakian

Jika ini adalah pengalaman pertama bagi Anda, ada baiknya jika Anda melakukan pendakian bersama kelompok yang sudah berpengalaman. Hindari melakukan pendakian sendiri karena Anda tidak tahu apa yang akan dihadapi nanti dan bagaimana cara mengatasinya. Jika Anda memutuskan untuk melakukan pendakian bersama teman, pastikan teman Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup.

2.       Gunung yang akan didaki

Ingatlah bahwa setiap gunung memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda. Sangat disarankan untuk menghindari gunung dengan medan pendakian yang terlalu sulit untuk pengalaman pertama Anda. Setelah menentukan gunung yang akan didaki, cari info lebih banyak tentang gunung tersebut. Mungkin, Anda akan bisa lebih tenang jika ada anggota dalam kelompok pendakian Anda yang sudah pernah mendaki gunung tersebut sebelumnya.

3.       Cuaca

Mendaki gunung akan membuat Anda berada di alam hingga berhari-hari. Ada baiknya jika Anda memerhatikan kondisi cuaaca beberapa saat sebelum tanggal pendakian. Jika cuaca kurang bagus, tingkat kesulitan akan semakin tinggi karena jalanan akan semakin licin, jarak pandang terbatas, dan pakaian Anda akan basah sehingga membuat beban yang Anda bawa semakin berat. Tidak hanya itu, melakukan pendakian di saat cuaca hujan juga meningkatkan risiko Anda terkena sambaran petir.

4.       Penataan barang

Anda harus mulai belajar bagaimana aturan menata barang yang benar di dalam tas Anda. Kesalahan saat menata barang akan membuat beban yang Anda bawa semakin berat. Tidak hanya itu, kesalahan tersebut juga bisa berisiko membuat Anda mengalami masalah pada tulang punggung dan sekitarnya.

5.       Kesehatan tubuh

Mendaki gunung membutuhkan ketahanan fisik yang kuat. Itulah sebabnya, Anda wajib untuk menjaga kesehatan sebelum pendakian dilakukan. Jika menjelang pendakian kondisi Anda kurang sehat, sangat disarankan untuk menunda rencana Anda. Mendaki gunung dalam kondisi tidak sehat tidak hanya berbahaya bagi Anda, tetapi juga akan merepotkan anggota kelompok pendakian Anda.

Untuk membantu Anda menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa mengonsumsi multivitamin secara rutin. Selain itu, ada baiknya jika Anda juga membawa FATIGON PUTIH saat melakukan pendakian. FATIGON PUTIH merupakan vitamin untuk capek pegal yang mengandung Kalium dan Magnesium Aspartat. Bermanfaat untuk mengurai asam laktat penyebab pegal dan otot kaku yang menumpuk di otot dan mengubahnya menjadi energi. Konsumsi FATIGON PUTIH sebelum tidur, maka Anda akan bangun dengan kondisi segar keesokan harinya dan siap untuk memulai pendakian kembali.

Please login or register to post comments.