Badan Terasa Lemas Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya!

Olahraga merupakan aktivitas yang cukup riskan untuk ditinggalkan. Tanpa olahraga, tubuh sehat dan bugar akan lebih sulit untuk dicapai. Selain untuk kesehatan dan kebugaran, olahraga juga baik untuk membentuk tubuh yang ideal. Jadi, rasanya tak ada alasan yang cukup kuat untuk meninggalkan aktivitas yang satu ini.

Meskipun memiliki segudang manfaat, beberapa orang ada yang justru merasa lemas seusai berolahraga. Bukankah olahraga harusnya membuat tubuh bugar dan berenergi? Ya, akan tetapi, beberapa kesalahan di bawah ini mungkin bisa membuat badan lemas setelah berolahraga.

  • Jarang olahraga

Ketika jarang atau sudah lama tidak berolahraga, sebaiknya lakukanlah kembali secara bertahap. Jika tiba-tiba melakukan olahraga yang berat, maka wajar saja kalau badan akan terasa lemas setelahnya. Tubuh juga perlu menyesuaikan diri karena itu, tingkat intensitas olahraga pun perlu diperhatikan.

  • Belum melakukan pemanasan

Jangan disepelekan, pemanasan merupakan bagian yang penting dalam olahraga. Pemanasan perlu dilakukan agar tubuh siap melakukan setiap gerakan olahraga. Melewatkan atau tidak melakukan pemanasan dengan baik bisa membuat badan lemas atau pegal-pegal setelah berolahraga. Selain pemanasan, pendinginan setelah olahraga juga perlu dilakukan untuk mengurangi kelelahan otot.

  • Dehidrasi

Bukannya jadi lebih bersemangat, ketika kekurangan cairan, tubuh justru dapat menjadi lemas seusai berolahraga. Pasalnya, sirkulasi oksigen dan metabolisme dapat terhambat ketika kekurangan cairan. Akibatnya, tubuh pun akan terasa lemas. Selain itu, dehidrasi juga dapat mengganggu koordinasi tubuh dan menurunkan konsentrasi, sehingga akan meningkatkan risiko cedera. Karenanya, saat olahraga minumlah air dengan sedikit-sedikit, dan jangan terlalu banyak agar tidak membebani tubuh.

  • Kurang asupan gizi

Asupan gizi yang kurang juga dapat memungkinkan tubuh lemas setelah berolahraga. Memenuhi asupan makanan seperti protein, karbohidrat, dan lain-lain sangatlah penting untuk mengganti nutrisi dan kalori yang terbuang saat olahraga. Namun, makan terlalu banyak atau terlalu berdekatan dengan waktu olahraga juga tidak disarankan. Sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan energi, konsumsilah makanan kecil yang bergizi sekitar satu jam sebelum olahraga.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan badan lemas setelah berolahraga. Selain menghindari beberapa kesalahan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk capek pegal seperti FATIGON PUTIH selepas berolahraga atau sebelum tidur di malam hari. Dengan vitamin B Kompleks, Kalium dan Magnesium Aspartat, serta Vitamin E, FATIGON PUTIH dapat membantu memelihara kesehatan tubuh dan mempersiapkan tubuh agar kembali semangat beraktivitas.

Please login or register to post comments.