Mengenal 7 Cabang Olahraga Baru di Asian Games

Asian Games tahun ini merupakan event yang sangat spesial yang mungkin tidak akan terlupakan. Bagaimana tidak, Indonesia kembali mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games setelah tahun 1962. Uniknya, Asian Games kali ini diselenggarakan di dua kota; Jakarta dan Palembang. Sepanjang sejarah, baru kali ini Asian Games diadakan di dua kota yang berbeda.

Bukan hanya tempat penyelenggaraannya, keunikan Asian Games ke 18 ini juga terletak pada cabang olahraganya. Yup, di Asian Games kali ini terdapat beberapa cabang olahraga baru yang belum pernah dipertandingkan sebelumnya. Penasaran apa saja jenis olahraga tersebut? Ini dia!

  • Sambo

Sambo merupakan martial seni bela diri yang berasal dari Rusia. Sambo dikembangkan oleh Tentara Merah Soviet pada awal tahun 1920 untuk mengasah kemampuan bertarung tanpa senjata. Kata “Sambo” sendiri berasal dari akronim Rusia, Samozashchita Bez Oruzhiya, yang berarti “pembelaan diri tanpa senjata”.

  • Kurash

Kurash juga merupakan sebuah bentuk gulat kuno yang berasal dari Uzbeksitan. Mirip seperti olahraga gulat lainnya, kurash berfokus pada kekuatan dan stamina. Pada pertandingan kurash, poin akan diberikan pada peserta yang mampu melempar atau menjatuhkan lawan.

  • Ju-jitsu

Mungkin nama olahraga ini sudah tidak asing di Indonesia. Namun ju-jitsu baru pertama kali dipertandingkan dalam Asian Games. Ju-jitsu merupakan seni bela diri yang berasal dari Jepang. Berbeda dengan seni bela diri lainnya, ju-jitsu tidak memperbolehkan peserta memukul atau menendang. Ju-jitsu cenderung menggunakan teknik defensif untuk mengelabui lawan.

  • Bridge

Meski belum banyak dikenal, sebenarnya bridge sudah ada di Indonesia sejak tahun 1970. Olahraga ini sepintas mirip dengan permainan kartu biasa. Diperlukan empat orang untuk memainkan bridge yang masing-masingnya akan mendapatkan 13 kartu. Pemain yang mengeluarkan kartu dengan nilai paling besar akan keluar sebagai pemenangnya.

  • Rollersport

Penggemar rollerskate dan skateboarding? Anda pasti senang melihat rollersport masuk ke dalam Asian Games. Olahraga ini memang semakin populer terutama di kalangan anak muda. Maka tak heran jika rollersport turut dipertandingkan. 

  • Jet-ski

Jet-ski juga pertama kali diselenggarakan dalam Asian Games 2018. Demi mengadakan olahraga air ini, pemerintah pun membangun venue khusus jet-ski di pantai Ancol. Selain itu, Indonesia juga mengandalkan atlet berprestasi Aeor Aswar pada Asian Games kali ini.

  • Paragliding

Selain jet-ski, paragliding juga akan diselenggarakan di Asian Games untuk kali pertama. Anda bisa menyaksikan para atlet beraksi di udara dengan parasutnya. Venue paragliding sendiri diadakan di kawasan puncak Bogor; Pasir Sumbul dan Gunung Mas sebagai area lepas landas dan Tugu sebagai area mendarat.

Selain tujuh cabang olahraga di atas, masih terdapat beberapa cabang olahraga lain seperti 3 on 3 basketball, sport climbing, pencak silat, bahkan eSports.

Bagaimana, tertarik untuk datang dan mendukung atlet Indonesia dalam cabang olahraga baru ini? Namun, sebelum menonton pertandingan tak ada salahnya untuk mengonsumsi FATIGON SPIRIT terlebih dahulu. Tak hanya atlet saja yang perlu mengonsumsi multivitamin untuk stamina, suporter pun boleh mengonsumsinya untuk menambah tenaga saat menonton pertandingan. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih berstamina dan bersemangat untuk mendukung atlet kebanggaan!

Please login or register to post comments.