Jangan Panik Ketika Kram Datang Saat Diving

Ikut serta dalam keseruan mengibarkan bendera di bawah laut saat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia, pasti menyenangkan. Meskipun Anda belum lama memiliki sertifikat penyelam, pasti Anda tertarik untuk bergabung dalam acara ini bersama para penyelam profesional lainnya. Namun, Anda harus berhati-hati saat melakukannya. Sebab, ada satu masalah yang cukup sering dialami oleh para penyelam, khususnya penyelam baru, yaitu kram pada bagian kaki.

Sebenarnya, masalah kram kaki adalah hal yang cukup sering terjadi saaat Anda berenang. Namun, kondisinya tentu berbeda saat Anda menyelam di laut, karena tekanan air serta kedalaman laut jauh berbeda dengan kolam. Selain itu, meskipun saat acara pengibaran bendera banyak penyelam profesional yang ikut serta, bukan berarti Anda bisa sepenuhnya mengandalkan mereka untuk menolong Anda saat kram kaki datang. Setidaknya, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi saat kram kaki benar-benar datang, antara lain:

  • Rileks

Sama dengan jika Anda mengalami kram di darat, kunci utama dari mengatasi kram adalah dengan merilekskan tubuh. Memang, pada saat Anda berada di laut, hal ini sulit untuk dilakukan. Namun jika Anda panik, hal ini justru dapat semakin memperparah kondisi Anda. Bukan hanya Anda berisiko tenggelam saja, tetapi juga bisa membuat Anda kesulitan mengatur napas.

  • Pahami kode

Bagi penyelam pemula, ada baiknya jika Anda mengajak penyelam lain yang lebih profesional dari Anda. Sebelum menyelam, ada baiknya jika Anda mempelajari terlebih dahulu kode untuk memberitahu teman bahwa Anda sedang mengalami kram. Jadi, saat kram kaki benar-benar terjadi, Anda sudah tahu bagaimana cara menginfokan pada teman Anda.

  • Pahami posisi tubuh

Sebelum naik ke permukaan, teman Anda akan membantu mengatasi kram yang dialami. Setidaknya, teman Anda akan memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu. Untuk membantu teman Anda, Anda juga harus paham bagaimana posisi tubuh yang tepat saat teman Anda sedang berusaha mengatasi kram pada kaki Anda. Setelah kram kaki mulai berkurang, ada baiknya jika Anda segera naik ke permukaan.

Selain ketiga hal di atas, ada hal yang tidak boleh Anda abaikan, yaitu melakukan pemanasan sebelum mulai menyelam. Selain itu, Anda juga bisa rutin mengonsumsi FATIGON PUTIH yang merupakan vitamin untuk kram kesemutan. Konsumsi multivitamin ini secara rutin satu kaplet sebelum beristirahat pada malam hari, dapat bantu mencegah Anda mengalami kram dan juga kesemutan.

Please login or register to post comments.